Rabu, 27 Mei 2009

PPOB

PLN Berlakukan PPOB
Ditulis oleh Administrator
Thursday, 02 April 2009

TEGAL – PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Tegal mulai 1 April 2009 memberlakukan sistem Payment Point Online Bank (PPOB) sebagai solusi mudah membayar listrik di mana saja. Sejumlah bank pun digandeng untuk mensukseskan program ini seperti Bank Mandiri, Bukopin, BRI, BNI 46, NISP, BPRKS Semarang dan PT Pos Indonesia. PPOB nantinya akan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan pembayaran rekening listrik. Selain itu, dengan penerapan program tersebut, terdapat celah atau peluang usaha yang bisa digarap masyarakat dengan menjadi mitra yang nantinya akan menerima pembayaran listrik milik pelanggan.

Humas PT PLN APJ Tegal Slamet mengatakan, per 1 April kemarin, program PPOB sudah mulai dijalankan. Hanya saja, pemberlakuan program tersebut disesuaikan dengan sambungan yang sudah siap infrastruktur untuk mendukung PPOB. Sementara sambungan yang belum siap akan menggunakan sistem manual seperti biasa.

Nantinya, PPOB akan memberikan kemudahan kepada seluruh pelanggan PLN untuk melakukan pembayaran rekening listrik denan mudah, praktis dan efisien. Pasalnya, pembayaran bisa dilakukan luar kota tanpa harus datang ke kantor PLN karena sudah terhubung secara online.

Dengan sistem ini, lanjutnya, diharapkan bisa antian di loket saat pelanggan datang pada waktu bersamaan. “Pelanggan nantinya akan dikenakan biaya administarsi sebesar Rp 1.600 dalam program PPOB,” terangnya.

Lebih lanjut Slamet menambahkan, untuk APJ Tegal saat ini terdapat sekitar 730 ribu pelanggan yang nantinya bisa memaksimalkan PPOB sehingga kesibukan atau sedang beraktivitas ke luar kota masih bisa melakukan pembayaran rekening listrik. Dengan sistem ini, kebutuhan pelanggan yang dituntut serba cepat dan praktis diharapkan bisa terlaksana dan kedepannya akan terus dilakukan perbaikan dan pembenahan infrastruktur sehingga PPOB bisa berjalan dengan baik dan dimanfaatkan seluruh pelanggan secara maksimal. “Ini adalah salah satu bentuk pelayanan kami untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan,” katanya.

Eko, salah seorang pelanggan PLN mengakui jika pemberlakukan sistem PPOB akan memudahkan pihaknya membayar rekening listrik di sekitar tempat tinggalnya yang melayani pembayaran PPOB yang bisa dilakukan masyarakat melalui kerja sama dengan mitra bank. Kemudahan lain yang bisa didapat adalah tidak perlu lagi antri di loket serta pihaknya bisa tetap membayar rekening listrik tepat waktu meskipun sedang berada di luar kota. “Bagi kami biaya yang harus dikeluarkan untuk administrasi sudah seimbang dengan pelayanan yang diberikan untuk mempermudah pelanggan membayar rekening listrik,” tukasnya. (g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar